HUBUNGAN ALIRAN FILSAFAT “CHUN TZU” CONFUCIUS DENGAN
PERMASALAHAN PENDIDIKAN INDONESIA TERKINI
Mata
kuliah:sejarah filsafat cina
Dosen:
Drs.
Budi sutrisna M.Hum
Oleh : AHMAD YANI FATHUR ROHMAN
(13/349465/FI/03809)
Pendahuluan
Chun tzu adalah sebuah aliran filsafat cina yang di ajarkan dan di
kembangkan oleh confucius yang hidup sekitar tahun 551-479 sm. Chun tzu sendiri
mempunyai arti gentleman atau manusia unggul yang dapat dibentuk melalui sebuah
proses yang panjang disertai dengan demokrasi intelektual yang di dapatkan
melalui pendidikan keilmuwan dan pendidikan ahlak atau etiket.
Confucius sendiri adalah seorang
pendidik hebat yang banyak melahirkan filsuf-silsuf cina sesudahnya, seperti
mencius. Posisi confucius dapat disamakan dengan sokrates dari yunani, karna
dia membuka dan memberi jalur yang lebih jelas mengenai filsafat. Bila di
hubungkan dengan permasalahan keindonesiaan yang paling urgen saat ini menurut
saya adalah masalah pendididikan, karna baik tidaknya sebuah masyarakat sangat
di tentukan oleh sebuah masyarakat dan kondisi masyrakat sangat menentukan maju
tidaknya sebuah negara.
Sekilas pendidikan indonesia
Pendidikan di indonesia sebetulnya
telah di laksanakan jauh sebelum negara indonesia lahir dengan corak dan model
pengajaran yang berbeda dengan dunia formal sekarang ini. Mulai dari kedatangan
bangsa india dan bangsa arab pendidikan sudah di dapatkan penduduk pribumi dengan
menekankan ajaran keagamaan. Baru setelah kedatangan bangsa eropa sistem
pendidikan yang ada di indonesia di rubah dan di cetak ala barat baik dari segi
pengajaran dan mata pelajaran. Tetapi tidak semua penduduk bisa merasakan
pendidikan yang di berikan oleh belanda, hanya masyrakat ningrat dan anak
pejabat saja yang bisa menempuh pendidikan.
Setelah banyak penduduk asli pribumi
yang telah mengenyam pendidikan formal ala belanda, banyak juga penduduk
pribumi yang merasa di perlakukan tidak adil oleh belanda dalam hal pendidikan,
karna betapa pentingnya pendidikan bagi perkembangan manusia. Seperti ki hajar
dewantara, r.a. kartini dll. Pertama kali sekolah yang didirikan untuk memenuhi
pendidikan formal anak pribumi adalah taman siswa yang didirikan oleh ki hajar
dewantara di jogja.
Setelah munculnya sekolahan untuk
warga pribumi di jogja, banyak bermunculan sekolah-sekolah formal di wilayah
pulau jawa sampai kemerdekaan datang dan sampai zaman sekarang yang tambah
tahun masyarakat indonesia kurang puas dengan lulusannya dikarnakan kemajuan
bangsa yang di embannya kurang di pertanggung jawabkan.
Bagaimana perbandingan dan hubungan sistem pendidikan chun
tzu “manusia unggul” dengan pendidikan
di indonesia sekarang ini?
sistem pendidikan chun tzu yang di ajarkan oleh sang guru confucius
adalah sangat mengedepankan etika, disamping itu confucius juga menilai
seorang manusia yang unggul melalui
sebuah proses dan harus harus mempunyai keilmuwan yang tinggi dan kepribadian
yang baik.
Sistem pendidikan yang di cetuskan
oleh bapak pendidikan indonesia adalah yang terkenal dengan istilah “ing ngarso
sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”, yang mempunyai arti
yang di depan memberikan contoh, yang di tengah mendukung dan memberikan dorongan
semangat, yang di belakang mendukung dan menirukan.
Sistem pendidikan kedua negara
hampir sama yang memposisikan murid sebagai manusia yang harus diberikan
pendidikan yang tinggi tanpa mengabaikan etika yang baik. Confucius juga
menekankan pada pola hidup yang disiplin, dan ini harus di contoh oleh bangsa
indonesia untuk memajukan pendidikannya.
Mengapa pendidikan di indonesia kualitasnya kurang begitu
diakui dunia internasional?
kita lihat sendiri pola hidup masyarakat kita suka sekali
dengan sesuatu yang instan yang cepat bisa dinikmati tanpa harus melihat apa
prosesnya. Hal ini apabila di terapkan dalam dunia pendidikan sangat berbahaya,
karena pendidikan harus dilalui dengan proses yang panjang dan pengorbanan yang
besar untuk mendapatkan kualitas yang maksimal untuk membangun manusia yang unggul.
Alangkah baiknya bila masyarakat
indonesia mencontoh aliran chun tzu yang mengedepankan proses dalam menciptakan
manusia unggul. Di samping proses aliran chun tzu sangat menghormati dan
menghargai orang-orang yang berilmu untuk menciptakan manusia unggul, karena
mereka sadar bahwa kemajuan suatu masyarakat dan negara sangat di pengaruhi
oleh kemajuan pendidikan yang diberikan negara kepada penduduknya.
Kita lihat kemajuan bangsa cina
sekarang dalam segala bidang terutama dalam dunia industri. Industri cina
mengalami peningkatan yang signifikan untuk memproduksi barang-barang yang akan
di ekspor. Dan bila kita melihat daftar universitas terbaik di dunia maka
universitas yang berada di cina ada di tingkat nomer 12 dibawah universitas
yang berada di negara amerika, inggris dan jerman. Menurut penulis kemajuan
negara cina saat ini tidak lepas dari peran pendidikan yang terapkan oleh
negara cina.
Mengapa sering terjadi kenakalan remaja dan perkelahian
antar pelajar di indonesia?
kita sering membaca berita di koran yang memberitakan
tentang perkelahian antar pelajar, baik yang tingkat smp dan sma sampai dengan
antar mahasiswa, sebetulnya ini kesalahan siapa?, kesalahan seorang murid atau
guru ataukah pemerintah?. Contoh dekatnya adalah kasus pemalakan bus kota di
jakarta oleh para pelajar sma untuk menyerang sma lain. Langsung saja sikap ini
di tanggapi serius oleh wakil kota jakarta ahok dengan memerintah aparat
keamanan untuk menghukum pelajar sma itu dengan seberat-beratnya dan memindahkan
sekolahnya, karna ahok berpendapat kenakalan yang dilakukan pelajar sma itu di
luar batas kewajaran. Meskipun keputusan ahok banyak mendapatkan tanggapan
positif dari masyarakat jakarta tapi sebagian masyarakat jakarta sangat
menyayangkan keputusan tersebut, karna tidak akan menyelesaikan masalah tapi
malah menambah dan menyebarkan masalah.
Untuk mengatasi masalah tersebut
sebaiknya kita menengok bagaimana hubungan antara murid dengan guru, guru
dengan pemerintah dan murid dengan pemerintah yang terjadi di negara cina. Saya
sendiri belum pernah mendengar terjadi perkelahian antar pelajar di negeri
cina. Apakah kerena sistem komunis ataukah kedisplinan inegara cina sudah
tinggi?. Terlepas dari semua itu dalam dunia pendidikan cina untuk menciptakan
manusia unggul “chun tzu” harus sinergis antara murid, guru dan pemerintahan.
Ketika terjadi suatu permasalahan yang menimpa mereka, mereka merasa
bertanggung jawab semua tanpa harus membedakan siapa yang berhak memikul
kesalahan tersebut. Unsur keharmonisan sangat di junjung tinggi dalam dunia
pendidikan cina yang sudah ditanamkan jauh sebelum negara cina lahir oleh
confucius.
Jadi nilai-nilai keharmonisan,
kekeluargaan dan kebaktian sangat ditanamkan kepada seluruh komponen pendidikan
untuk membentuk manusia yang unggul.
Mengapa biaya pendidikan di indonesia sekarang lebih
mahal?
Bila di bandingkan dengan besaran
yang harus dikeluarkan wali murid untuk melunasi pembayaran pendidikan anaknya
menurut tulisan yang pernah saya baca, biaya pendidikan di indonesia semakin
tahun semakin mahal, meskipun yang sekolah semakin banyak. Di bandingkan dengan
negara tetangga kita malaysia yang mewajibkan dan berani menggratiskan biaya
pendidikan warganya. Ada apa ini?, apakah kurang anggaran pendidikan yang di
gelontorkan pemerintah?, sebetulnya dalam UUD 1945 sudah tercantum bahwa APBN
negara 20 untuk pendidikan.
Bila kita bandingkan dengan filsafat
cina aliran chen tzu yang mengajarkan jen atau kemanusiaan, di dalamnya berisi
perilaku yang seharusnya dilakukan dan seharusnya di tinggalkan oleh manusia.
Dan ini berfungsi untuk mengontrol dan menumbuhkan rasa empati kita bila
melihat saudara setanah air yang belum mampu
membayar biaya pendidikan supaya kita tergerak untuk membantunya. Jadi
bergerak dan menata melalui diri sendiri sebelum merubah objek yang lebih
besar. Dengan kesadaran manusiawi diharapkan kkn di indonesia menurun dan
berdampak baik kepada nasib pendidikan kita. Melalui penyaluran anggaran
pendidikan yang begitu besar kepada objek yang benar-benar membutuhkan tanpa
terjadi kesalahan dan penyalahgunaan.
Sebetulya permasalahan pendidikan
kita begitu kompleks baik dari fisik dan non fisik, tetapi hal ini janganlah
membuat kita berkecil hati agar semangat terus untuk memperbaiki kualitas
pendidikan kita. Dengan melihat sisi positif
aliran chen tzu dalam membentuk manusia yang unggul sekirannya perlu
untuk mengaplikasikannya di dunia pendidikan kita.
No comments:
Post a Comment