Pages

Saturday, December 7, 2013

HUBUNGAN ALIRAN FILSAFAT “CHUN TZU” CONFUCIUS DENGAN PERMASALAHAN PENDIDIKAN INDONESIA TERKINI


Mata kuliah:sejarah filsafat cina
Dosen:
Drs. Budi sutrisna M.Hum

Oleh  : AHMAD YANI FATHUR ROHMAN
                   (13/349465/FI/03809)
Pendahuluan
                Chun tzu adalah sebuah aliran filsafat cina yang di ajarkan dan di kembangkan oleh confucius yang hidup sekitar tahun 551-479 sm. Chun tzu sendiri mempunyai arti gentleman atau manusia unggul yang dapat dibentuk melalui sebuah proses yang panjang disertai dengan demokrasi intelektual yang di dapatkan melalui pendidikan keilmuwan dan pendidikan ahlak atau etiket.
            Confucius sendiri adalah seorang pendidik hebat yang banyak melahirkan filsuf-silsuf cina sesudahnya, seperti mencius. Posisi confucius dapat disamakan dengan sokrates dari yunani, karna dia membuka dan memberi jalur yang lebih jelas mengenai filsafat. Bila di hubungkan dengan permasalahan keindonesiaan yang paling urgen saat ini menurut saya adalah masalah pendididikan, karna baik tidaknya sebuah masyarakat sangat di tentukan oleh sebuah masyarakat dan kondisi masyrakat sangat menentukan maju tidaknya sebuah negara.
Sekilas pendidikan indonesia
            Pendidikan di indonesia sebetulnya telah di laksanakan jauh sebelum negara indonesia lahir dengan corak dan model pengajaran yang berbeda dengan dunia formal sekarang ini. Mulai dari kedatangan bangsa india dan bangsa arab pendidikan sudah di dapatkan penduduk pribumi dengan menekankan ajaran keagamaan. Baru setelah kedatangan bangsa eropa sistem pendidikan yang ada di indonesia di rubah dan di cetak ala barat baik dari segi pengajaran dan mata pelajaran. Tetapi tidak semua penduduk bisa merasakan pendidikan yang di berikan oleh belanda, hanya masyrakat ningrat dan anak pejabat saja yang bisa menempuh pendidikan.
            Setelah banyak penduduk asli pribumi yang telah mengenyam pendidikan formal ala belanda, banyak juga penduduk pribumi yang merasa di perlakukan tidak adil oleh belanda dalam hal pendidikan, karna betapa pentingnya pendidikan bagi perkembangan manusia. Seperti ki hajar dewantara, r.a. kartini dll. Pertama kali sekolah yang didirikan untuk memenuhi pendidikan formal anak pribumi adalah taman siswa yang didirikan oleh ki hajar dewantara di jogja.
            Setelah munculnya sekolahan untuk warga pribumi di jogja, banyak bermunculan sekolah-sekolah formal di wilayah pulau jawa sampai kemerdekaan datang dan sampai zaman sekarang yang tambah tahun masyarakat indonesia kurang puas dengan lulusannya dikarnakan kemajuan bangsa yang di embannya kurang di pertanggung jawabkan.
Bagaimana perbandingan dan hubungan sistem pendidikan chun tzu “manusia unggul”  dengan pendidikan di indonesia sekarang ini?
            sistem pendidikan chun tzu  yang di ajarkan oleh sang guru confucius adalah sangat mengedepankan etika, disamping itu confucius juga menilai seorang  manusia yang unggul melalui sebuah proses dan harus harus mempunyai keilmuwan yang tinggi dan kepribadian yang baik.
            Sistem pendidikan yang di cetuskan oleh bapak pendidikan indonesia adalah yang terkenal dengan istilah “ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani”, yang mempunyai arti yang di depan memberikan contoh, yang di tengah mendukung dan memberikan dorongan semangat, yang di belakang mendukung dan menirukan.
            Sistem pendidikan kedua negara hampir sama yang memposisikan murid sebagai manusia yang harus diberikan pendidikan yang tinggi tanpa mengabaikan etika yang baik. Confucius juga menekankan pada pola hidup yang disiplin, dan ini harus di contoh oleh bangsa indonesia untuk memajukan pendidikannya.
Mengapa pendidikan di indonesia kualitasnya kurang begitu diakui dunia internasional?
            kita lihat sendiri pola hidup masyarakat kita suka sekali dengan sesuatu yang instan yang cepat bisa dinikmati tanpa harus melihat apa prosesnya. Hal ini apabila di terapkan dalam dunia pendidikan sangat berbahaya, karena pendidikan harus dilalui dengan proses yang panjang dan pengorbanan yang besar untuk mendapatkan kualitas yang maksimal untuk  membangun manusia yang unggul.
            Alangkah baiknya bila masyarakat indonesia mencontoh aliran chun tzu yang mengedepankan proses dalam menciptakan manusia unggul. Di samping proses aliran chun tzu sangat menghormati dan menghargai orang-orang yang berilmu untuk menciptakan manusia unggul, karena mereka sadar bahwa kemajuan suatu masyarakat dan negara sangat di pengaruhi oleh kemajuan pendidikan yang diberikan negara kepada penduduknya.
            Kita lihat kemajuan bangsa cina sekarang dalam segala bidang terutama dalam dunia industri. Industri cina mengalami peningkatan yang signifikan untuk memproduksi barang-barang yang akan di ekspor. Dan bila kita melihat daftar universitas terbaik di dunia maka universitas yang berada di cina ada di tingkat nomer 12 dibawah universitas yang berada di negara amerika, inggris dan jerman. Menurut penulis kemajuan negara cina saat ini tidak lepas dari peran pendidikan yang terapkan oleh negara cina.
Mengapa sering terjadi kenakalan remaja dan perkelahian antar pelajar di indonesia?
            kita sering membaca berita di koran yang memberitakan tentang perkelahian antar pelajar, baik yang tingkat smp dan sma sampai dengan antar mahasiswa, sebetulnya ini kesalahan siapa?, kesalahan seorang murid atau guru ataukah pemerintah?. Contoh dekatnya adalah kasus pemalakan bus kota di jakarta oleh para pelajar sma untuk menyerang sma lain. Langsung saja sikap ini di tanggapi serius oleh wakil kota jakarta ahok dengan memerintah aparat keamanan untuk menghukum pelajar sma itu dengan seberat-beratnya dan memindahkan sekolahnya, karna ahok berpendapat kenakalan yang dilakukan pelajar sma itu di luar batas kewajaran. Meskipun keputusan ahok banyak mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat jakarta tapi sebagian masyarakat jakarta sangat menyayangkan keputusan tersebut, karna tidak akan menyelesaikan masalah tapi malah menambah dan menyebarkan masalah.
            Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya kita menengok bagaimana hubungan antara murid dengan guru, guru dengan pemerintah dan murid dengan pemerintah yang terjadi di negara cina. Saya sendiri belum pernah mendengar terjadi perkelahian antar pelajar di negeri cina. Apakah kerena sistem komunis ataukah kedisplinan inegara cina sudah tinggi?. Terlepas dari semua itu dalam dunia pendidikan cina untuk menciptakan manusia unggul “chun tzu” harus sinergis antara murid, guru dan pemerintahan. Ketika terjadi suatu permasalahan yang menimpa mereka, mereka merasa bertanggung jawab semua tanpa harus membedakan siapa yang berhak memikul kesalahan tersebut. Unsur keharmonisan sangat di junjung tinggi dalam dunia pendidikan cina yang sudah ditanamkan jauh sebelum negara cina lahir oleh confucius.
            Jadi nilai-nilai keharmonisan, kekeluargaan dan kebaktian sangat ditanamkan kepada seluruh komponen pendidikan untuk membentuk manusia yang unggul.
Mengapa biaya pendidikan di indonesia sekarang lebih mahal?
            Bila di bandingkan dengan besaran yang harus dikeluarkan wali murid untuk melunasi pembayaran pendidikan anaknya menurut tulisan yang pernah saya baca, biaya pendidikan di indonesia semakin tahun semakin mahal, meskipun yang sekolah semakin banyak. Di bandingkan dengan negara tetangga kita malaysia yang mewajibkan dan berani menggratiskan biaya pendidikan warganya. Ada apa ini?, apakah kurang anggaran pendidikan yang di gelontorkan pemerintah?, sebetulnya dalam UUD 1945 sudah tercantum bahwa APBN negara 20 untuk pendidikan.
            Bila kita bandingkan dengan filsafat cina aliran chen tzu yang mengajarkan jen atau kemanusiaan, di dalamnya berisi perilaku yang seharusnya dilakukan dan seharusnya di tinggalkan oleh manusia. Dan ini berfungsi untuk mengontrol dan menumbuhkan rasa empati kita bila melihat saudara setanah air yang belum mampu  membayar biaya pendidikan supaya kita tergerak untuk membantunya. Jadi bergerak dan menata melalui diri sendiri sebelum merubah objek yang lebih besar. Dengan kesadaran manusiawi diharapkan kkn di indonesia menurun dan berdampak baik kepada nasib pendidikan kita. Melalui penyaluran anggaran pendidikan yang begitu besar kepada objek yang benar-benar membutuhkan tanpa terjadi kesalahan dan penyalahgunaan.
            Sebetulya permasalahan pendidikan kita begitu kompleks baik dari fisik dan non fisik, tetapi hal ini janganlah membuat kita berkecil hati agar semangat terus untuk memperbaiki kualitas pendidikan kita. Dengan melihat sisi positif  aliran chen tzu dalam membentuk manusia yang unggul sekirannya perlu untuk mengaplikasikannya di dunia pendidikan kita.
    









No comments:

Post a Comment