Pages

Monday, March 24, 2014

Pengantar Filsafat China Modern Kontemporer
            Problem filsafat cina adalah bagaimana sikap bijaksana bisa terdapat dalam segala situasi, baik dalam berkeluarga atau menjalani profesi. Orang bisa mencapai bijaksana kalau dekat dengan alam dan jauh dari masyarakat (taoisme).tetapi ada yang mengatakan harus bermanfaat sebesar-besarnya kepada mesyarakat (konfucius). Karena filsafat konfucius menekankan kepada dunia kekinian atau this wordly.
            Filsuf modern cina, Fung yu lan mengatakan filsafat cina harus bijaksana ke dalam dan meraja ke luar. Filsafat cina modern banyak didominasi dari pemikiran Zen Budhisme, Neo Konfucius dan Neo Taoisme. Zen budhisme terdapat dua aliran hinayana dan mahayana. Mahayana lebih fleksibel dan memudahkan pemeluknya daripada hinayana. Karena didalam  Hinayana hanya orang yang benar-benar menjalani agama yang bisa masuk surga.
            Sebab-sebab ajaran budha diterima dengan baik di cina:
1.      Perekonomian cina mengalami sakit yang parah dan tidak bisa diatasi oleh konfucius dan taoisme.
2.      Adanya biara-biara yang membuat ketenangan jiwa ketika orang cina memasukinya.
3.      Adanya jaminan hidup bagi siapa yang mau memeluk agama budha. Baik ketika masih didunia atau di akherat sehingga menimbulkan kebahagiaan. (konfucius:belajar, taoisme: dekat dengan alam).
4.      Etika budha yang luhur. Budha sendiri mengajarkan lima etika luhur
1. Maksud yang benar disertai keputusan yang tepat.
2. Perkataan sesuai dengan perbuataanya.
3. Setiap perbuatan akan menimbulkan nilai. Perbuatan yang baik akan berdampak             pada nilai yang baik.
4. Banyak angan-angan disertai dengan pengendalian nafsu (merenungi).
5. Berpikir yang benar sesuai dengan akal manusia atau manusiawi.

Ajaran dalam Zen Budha ada tiga:
1.      Prinsip pertama yaitu “wu”, sesuatu yang paling inti dan sangat sulit untuk dijabarkan.
2.      Samsara, maksudnya lepas dari segala sengsara dengan berbuat yang wajar saja bisa juga dikategorikan spontanitas (taoisme). Kewajaran orang juga berbeda-beda.
3.      Identifikasi, hidup ditengah-tengah masyarakat harus selalu berubah dan menyaring segala sesuatu yang pantas untuk dijalankan.

Tambahan
Fung Yu Lan: filsafat adalah ilmu yang reflektif dan sistematik tentang kehidupan.
Menurut Hamngku Buwono IX sembahyang ada empat tingkatan sembah raga, sembah cipta, sembah jiwa, sembah rasa.
  
(Makul Sejarah Filsafat China Modern Kontemporer // Drs. Budisutrisna, M. Hum // 10-maret-2014, senin/2)


Reaksi Konfucius Terhadap Budhisme
1.      Masalah Reinkarnasi karena sulit dipahami, tidak bisa dirasio, dan tidak bisa dibuktikan. Solusinya hanya percaya begitu saja.
2.      Other wordly budhisme, berbahagia setelah kematian. Hal ini bertentangan dengan keyakinan konficius yang menekankan this wordly.
3.      Banyak penghiburan, dengan datang ke biara orang akan bebas dari pajak dan bekerja.

Terjadinya gesekan pemikiran antara Konfucius dan Budhisme melahirkan aliran konfucius baru yang terkenal dengan nama Neo Konfuainisme dengan tokohnya Shao Yung (1011-1077 M) dan Chou Tua Yi (1017-1073 M) .
Ajaran Shao Yung:
1.      Manusia, gabungan antara li dan tao merupakan unsur yang paling penting. Yin-yang jiwa tidak bisa diangka.
2.       
3.       
Ajaran Chou Tua Yi:
1.      Adanya dua dunia tampak  atau material (chi) dan tidak tampak  immaterial (li).
2.       

Konfucianisme: jen + li = real.
Taoisme: tao = ketiadaan.
 (Makul Sejarah Filsafat China Modern Kontemporer // Drs. Budisutrisna, M. Hum // 17-maret-2014, senin/3)


1 comment: